1. Definisi Mail Merge ?
2. Sebutkan dan jelaskan 3 (tiga) unsur  pokok Mail Merge !
3. Sebutkan dan jelaskan tentang Database !
4.  Manfaat Database ?
5. Contoh-contoh software aplikasi pembuat data  berbasis Database ! Minimal 5.
6. Sebutkan dan jelaskan prosedur  membuat dokumen bergaya Mail Merge !
7. Sebutkan dan jelaskan  prosedur membuat Main Document (Master Surat) dalam Mail Merge !
8.  Sebutkan dan jelaskan prosedur membuat Data Source (Source Data) dalam  Mail Merge !
9. Jelaskan mengapa harus terlebih dahulu membuat Main  Document dalam Mail Merge !?
10. Jelaskan prosedur Merger "Main  Document" dengan "Data Source" dalam Mail Merge !
11. Dalam proses  membuat Dokumen Mail Merge, bisa apa tidak langkahnya diubah yakni :  Pertama, membuat Data Source dahulu; Kedua, membuat Main Document;  Ketiga, menggabungkan keduanya ? Jelaskan dong !
12. Dalam proses  membuat Dokumen Mail Merge, bisa apa tidak langkahnya diubah yakni :  Pertama, menggabungkan Main Document dengan Data Source; Kedua, membuat  Main Document; Ketiga, membuat Data Source ? Jelaskan lagi dong dong ah !
13.  Bagaimanakah prosedur menyimpan secara aman atas Dokumen Mail Merge  yang dibuat ?
14. Jelaskan, apa ekstensi file yang berupa Dokumen  Mail Merge !
15. Bagaimanakah cara mengenali suatu Dokumen yang sudah  dibuat dan disimpan di suatu Drive, misalnya Drive D ? Jelaskan !
16.  Bagaimanakah cara membuka Dokumen Mail Merge yang sudah disimpan di  suatu Drive ?
17. Bisa diedit apa tidak,"Dokumen Mail Merge" yang  sudah tersimpan di suatu Drive ? Jelaskan dong caranya !
18. Bisa  dicopy apa tidak ,"Dokumen Mail Merge" yang sudah tersimpan di suatu  Drive ? Jelaskan dong caranya !
19. Bisa dihapus apa tidak,"Dokumen  Mail Merge" yang sudah tersimpan di suatu Drive ? Jelaskan dong, mengapa  menghapusnya ?
20. Dokumen Mail Merge dibuat melalui Software  Aplikasi, apa namanya ?
21. Software apa sajakah yang menjadi  saudara/saudari dari software Microsoft Word ?
22. Software Microsoft  Word dan Saudara/Saudarinya masuk rumpun apakah ? Nama Perusahaan  Produsennya ? Alamatnya termasuk Websitenya ?
23. Software Microsoft  Word dan Saudara/Saudarinya, termasuk Open Source Software (Free  Program) ataukah Close Source Software (Paid Program) ? Jelaskan!
24.  Bisakah Dokumen Mail Merge dibuat melalui Software "Ms Excel, Ms Power  Point, Ms Outlook, dan Ms Publisher ? Mengapa demikian ?
25. Bisakah  Dokumen Mail Merge dibuat melalui Website Blogspot dan yang sejenisnya ?  Mengapa demikian ?
26. Sebutkan dan jelaskan manfaat membuat Dokumen  Mail Merge ! Minimal 3.
27. Dokumen Mail Merge yang sudah dibuat,  apakah akan dicetak seluruhnya ? Mengapa demikian ?
28. Bagaimanakah  cara mencetak Dokumen Mail Merge ?
29. Bisakah, Dokumen Mail Merge  diconvert (diubah) dalam tampilan Dokumen Bergaya PDF ?
30. Jelaskan,  apakah PDF itu ?
31. Apa kepanjangan PDF itu ?
32. Apa tujuan  membuat Dokumen PDF ?
33. Dengan software apakah, bisa mengubah  Dokumen Mail Merge ke dalam PDF Mail Merge ?
34. Gratis ataukah  Berbayar,"Software Creator PDF" itu ? Bilamana gratis, silahkan Free  Download, di manakah untuk mendapatkannya. Bilamana sudah  mendapatkannya, silahkan diinstallkan ke dalam Komputer Anda ! Bilamana  Berbayar, beli di manakah ? Silahkan beli, kalau memang ingin membelinya  !
35. Sebutkan dan jelaskan Keunggulan dan Kelemahan Software "Open  Source" dan Software "Close Source" ?
Selamat mengerjakan !  Pelajar Sejati, Perjuangannya ? Berkelanjutan ! Pelajar Semelekete,  Perjuangannya ? Berhenti !
jawaban
1. Mail  merge adalah untuk menggandakan surat yang isinya sama , namun data /  alamat yang dituju berbeda. Mail merge juga biasa disebut dengan Surat  masal. Kemampuan komputer untuk mengirimkan kepada beberapa orang  sekaligus dari satu sumber surat. Secara teknis, dibutuhkan dua buah  file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi surat sedangkan yang  lainnya adalah data kepada surat tersebut dikirimkan, kemudian pada  proses pengiriman, kedua file tersebut digabungkan.
2.
3.  Basis data(bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata,  adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara  sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer  untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak  yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data  disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).  Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
Istilah "basis  data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin  luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini  mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data  sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku  besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.
Konsep  dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau  potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan  terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini  disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data,  dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk  mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal  sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan  sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili  semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana  setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya  menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar  tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang  lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang  lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.
Istilah  basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan,  dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis  data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas,  banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk  kedua arti tersebut.
[sunting] Perangkat lunak basis data
Perangkat  lunak basis data yang banyak digunakan dalam pemrograman dan merupakan  perangkat basis data aras tinggi (high level):
* [[]]
*  Microsoft SQL Server
* Oracle
* Sybase
* Interbase
* XBase
*  Firebird
* MySQL
* PostgreSQL
* Microsoft Access
* dBase  III
* Paradox
* FoxPro
* Visual FoxPro
* Arago
* Force
*  Recital
* dbFast
* dbXL
* Quicksilver
* Clipper
*  FlagShip
* Harbour
* Visual dBase
* Lotus Smart Suite Approach
Selain  perangkat lunak di atas, terdapat juga perangkat lunak pemrograman  basis data aras rendah (low level), diantaranya:
* Btrieve
*  Tsunami Record Manager
4. Penggunaan teknologi database  didunia bisnis bermanfaat menghemat waktu dan biaya karena dengan  database yang terkomputerisasi kita bisa banyak menyimpan informasi  seperti mencetak, memuat, menampilkan data yang akurat, memudahkan  pengaksesan data, mengisolasi data untuk di standarisasikan, mengurangi  redundasi data dan inkonsistensi. Dan yang menjadi faktor pertimbangan  bagi para pelaku bisnis dalam skala besar adalah apabila desain yang  dibangun tidak cermat dapat menyebabkan hilangnya data yang di butuhkan,  data yang tidak konsisten, proses update yang lambat dan lain-lain.
5.Contoh-contoh  dari aplikasi database engine misalnya seperti:
SQL Server, dibuat  oleh Microsoft.
MS Access, dibuat oleh Microsoft.
Oracle Database,  dibuat oleh Oracle.
MySQL, dibuat oleh MySQL AB.
Firebird, dibuat  oleh komunitas open source berdasarkan dari kode Interbase.
PostgreSQL,  dibuat oleh komunitas open source.
DB2, dibuat oleh IBM.
Masih  banyak lagi sederet nama database engine yang ada di dunia ini. Anda  bisa mencarinya dengan keyword ‘database engine’ atau ‘database server’.
6.  Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat)  yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah.  Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak. Mail  merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikat, label, dan amplop.
    * Untuk membuat mail merge terdiri dari 2 dokumen, yaitu: Dokumen  Master, dokumen yang isinya sama untuk semua penerima.
   * Data  Source, yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima,  misalnya nama dan alamat penerima.
     Data source dapat berupa  data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya.
   *  Pada tutorial ini, data source menggunakan Excel, karena cara ini lebih  cepat. Selain itu: Lebih mudah mengontrol dan menambah data baru.
    * Lebih mudah membaca data yang ditampilkan di lembar kerja Excel  terutama bila kita ingin memperbaiki kekeliruan seperti salah pengejaan  dan sebagainya.
   * Juga mempermudah menyalin data source pada  dokumen Excel ke lembar kerja yang lain.
     Misalnya dalam membuat  sertifikat pelatihan yang pesertanya lebih kurang sama, maka akan lebih  mudah memilih nama pada lembar kerja tersebut dan menyalinnya ke  dokumen (data source) baru.
Langkah-langkah membuat mail  merge adalah sebagai berikut:
  1. Tahap I Membuat Data  SourceBuat data source di Excel seperti contoh di bawah ini dan simpan  dengan nama Data Surat.
     data source mail merge Tahap II Membuat  Dokumen Master
  2. Buat dokumen master surat di Word seperti  contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Master Surat.
     Beri  jarak untuk menaruh nama dan alamat.
     Dokumen ini jangan ditutup  karena kita akan lanjutkan ke langkah berikut: menggabungkan Data  Source dengan Dokumen Master.
     Dokumen Master mail merge Tahap  III Menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master
  3. Pada  Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Start Mail Merge.
      Start Mail Merge
  4. Selanjutnya kita akan memilih data source.
   5. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.
   6. Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada  kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan  kotak dialog Select Table.
  7. Pada kotak dialog Select Table, klik  lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of  data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK.
  8.  Sekarang kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya.
   9. Taruh di kursor di bawah tulisan Kepada Yth., kemudian pada Mailings  tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih  Nama.
 10. Lakukan juga hal yang sama pada Alamat dan sekarang  tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini.
     Data  ditampilkan dalam tanda kurung siku dua <>.
11) Tidak bisa,  Karena prosedur pembuatan Mail Merge tersebut sudah ditetapkan seperti  itu. Jadi sudah tidak bisa dirubah lagi. Apabila itu dirubah, maka akan  terjadi kesalahan atau error.
12)tidak bisa karena kita harus membuat  main document dan data source terlebih dahulu baru keduannya  digabunggkan menjadi satu.
13. Klik icon save – ketik nama file  dari mail merge – klik save – hasil penyimpanan di cut ke folder yang  telah disediakan
15. klik kanan pilih dan klik explore – klik my  computer – klik drive D – carilah file hasil pembuatan dokumen dan klik 2  kali
16. klik kanan pilih dan klik explore – klik my computer – klik  drive D – carilah file hasil pembuatan dokumen dan klik 2 kali
17.  bisa. klik drive – klik 2 kali dokumen mailmerge – edit sesuka hati
18.  bisa. Klik drive - klik kanan dokumen mailmerge – pilih dan klik copy –  masuk
Kedalam drive yang akan ditempatkan atau masuk pada Ms. word  –klik kanan paste
19. bisa. Klik drive – klik kanan dokumeen  mailmerge – pilih dan klik delete
20.microsoft outlook
21  microsoft excel, power point, access, publisher, outlook dan lainn-lain
22  microsoft office, produsennya adalah microsoft coorporation
23open  source software karena tersedia dalam bentuk kode sumber yang kode  sumber dan hak-hak tertentu lainnya yang biasanya disediakan untuk hak  cipta pemegang disediakan di bawah lisensi perangkat lunak yang  memungkinkan pengguna untuk mempelajari, mengubah, dan meningkatkan  kinerja perangkat lunak. Open source licenses often meet the  requirements of the Open Source Definition . lisensi Open source sering  memenuhi persyaratan Definisi Open Source
24. tidak bisa karena  Ms.Excel, Ms. Power point , Ms Outlook, dan Ms Publisher bukan program  pengolah kata sedangkan mailmerge merupakan pengolah kata
25. tidak  bisa karena program tersebut khusus untuk microsoft word
26. 1. Mudah  dan cepat dalam meembuat undangan
2. tidak memakan banyak waktu
3.  Tidak melelahkan tangan
27 ya karena setiap dokumen mempunyai  beberapa perbedaan di mail margenya contohnya adalah Nama, alamat, ttl,  Dan lain-lain
28 Klik copy paste dokumen mail merge dan letakkan di  Ms.Word. Kemudian tekan Ctrl-P dan tentukan halaman dan bayak halaman  yang diprint. Klik OK Sebelumnya hidupkan dulu mesin Printnya
29.  BISA
30. PDF Adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe  System pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital
31.  PDF (PORTABLE DOKUMENT FORMAT)
32 Tujuan BUAT dokumen PDF :
PDF/X.  Standard ini merupakan sub-bagian dari format PDF yang digunakan oleh  industri percetakan.
PDF/E. Kalo format PDF yang satu ini khusus  ditujukan untuk enginer atau teknisi.
PDF/A. Standard ini khusus  ditujukan untuk dokumen-dokumen yang akan dijadikan arsip.
PDF/UA.  Saat tulisan ini dibuat... konon... standard yang satu ini masih dalam  tahap drafting atau perancangan. Standard ini dibuat dengan tujuan untuk  membuat format PDF yang Universal.
33. Software dari Microsoft  word
34. Dengan cara membeli di vendor distributor center bias di  Surabaya atau Jakarta
35. Beberapa kelebihan penggunaan software  opensource yang telah banyak dikenal adalah :-Dapat melihat Source  Code-Modifikasi dan distribusi ulang source code-Memungkinkan tidak  tergantung pada satu vendor-Tidak menggunakan format data yang  proprietary-Memungkinkan integrasi antar produk-Mengurangi biaya lisensi  software
Selain itu ada beberapa hal yang menjadi penghambat  penggunaan software open source pada sebuah organisasi. Hal yang  terutama adalah tidak adanya bentuk support sales, marketing dan hal-hal  yang mendukung penjualan. Hal ini biasanya menjadi pertimbangan bagi  sebuah organisasi untuk mengimplementasikan software opensource. Namun  sekarang ini perusahaan besar seperti IBM dan HP membundling produk  opensource dengan produk close source mereka. Seperti Websphere dengan  Apache, Oracle dengan Linux, SAP dengan MySQL. Software opensource di  pasarkan dan di jual dengan cara yang berbeda. Namun justru hal tersebut  menjadi kekuatan opensource. Secara terpisah sofwtare opensource  mempunyai price/performance terbaik di kelasnya. Secara bersama-sama  software opensource menawarkan solusi yang terintegrasi. Software  opensource telah membuktikan keunggulan di bandingkan close source  dengan metode pengembangan dan pengujian yang unik. Keunggulan close  open sourtce aman dari penjarahan orang lain dan kelemahannya jarang  diminati oleh banyak orang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar